Petunjuk Pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional  ( FLS2N ) Jenjang SMP Tahun 2019 - Dalam Rencana Strategis ( Renstra ) Kementerian Pendidikan dan Keduayaan Tahun 2015 - 2019 , Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah " Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong".




Kesenian merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri . Kesenian juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Melalui kesenian , siswa akan mampu mengasah kepekaan hati nurani dan mengaktualisasikan potensi seninya , yang pada akhirnya akan memperhalus budi pekerti dan perelakunya . Pendidikan seni dan budaya dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik baik secara organis , neuromuskuler , intelektual , emosional dan sosial , serta meningkatkan daya cipta , rasa dan karya para siswa. muaranya adalah pada upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang seni serta Penguatan Pendidikan Karakter.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP , Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama , Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni peserta didik , yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N ).

Unduh Juga :

Tujuan
  1. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa berbakat dan berminat pada seni budaya untuk dapat mengembangkan kemampuannya pada FLS2N;
  2. Menggali dan Melestarikan seni dan budaya bangsa indonesia yang tersebar di 34 Provinsi di Seluruh wilayah NKRI;
  3. Membina dan Meningkatkan keedulian peserta didik terhadap nilai - nilai seni budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa; dan
  4. Mengembangkan sikap kompetitif , kerjasama dan sportivitas dalam diri siswa yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan seni budaya indonesia.

Peserta O2SN - SMP Tahun 2019 Adalah Warga Negara Indonesia ( WNI ) Yang Pada tahun pelajaran 2019 / 2020 masih berstatus siswa SMP atau sederajat;


Bidang Yang Dilombakan Pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional  ( FLS2N ) Jenjang SMP Tahun 2019 Terdiri atas 5 Jenis Cabang Olahraga , Yaitu :

  1. Festival Kreativitas Tari
  2. Festival Kreativitas Musik Tradisional
  3. Lomba Gitar Duet
  4. Lomba Menyanyi Solo
  5. Lomba Desain Poster

Untuk Mengetahui Selengkapnya Ketentuan, Silahkan Unduh PDF Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional  ( FLS2N ) Jenjang SMP Tahun 2019, Pada Link dibawah ini :

Unduh Petunjuk Pelaksanaan FLS2N - SMP Tahun 2019.Pdf ( Unduh Disini )

Demikian Kami Sampaikan Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional  ( FLS2N ) Jenjang SMP Tahun 2019, Semoga Bermanfaat .