Soal PTS/UTS Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tapel 2018/2019

Soal PTS/UTS Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tapel 2018/2019, Soal PTS Kelas 5 SD/MI semester genap K13 Tapel 2018/2019 yang kami bagikan ini adalah soal tematik guru kelas, contoh soal atau pun prediksi soal sekolah dasar ini kami buat berdasarkan kisi kisi soal kurtilas terbaru yang terintegrasi dengan HOTS dan 4 C.



PTS untuk mendapatkan NPTS atau nilai penilaian tengah semester atau middle semester, kiranya sangat bermanfaat jika rekan-rekan guru menyesuaikan dengan keperluan indikator pencapaian kompetensi masing-masing.

I.    Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
(PPkN No  1- 4)
1.     Setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan…
a.  Pembayaran uang sekolah.
c. Perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
b.  Menjaga ketertiban di kelas.
d. Penjagaan fasilitas sekolah.
2.    Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a.  Kewajiban
c.  Sikap
b.  Hak
d.  Norma
3.    Memelihara lingkungan alam adalah….
a. Kewajiban masyarakat bersama
c.  Hak masyarakat bersama
b. Kewajiban masyarakat tertentu
d. Hak masyarakat tertentu
4.    Sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi disebut…
a.  Norma
c.    Kewajiban
b.  Peraturan
d.  hak
      (Bahasa Indonesia No 5 - )
      Teks bacaan soal no 5- 6)
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. 
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!  Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit!
Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar
percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
5.    Kata kunci pada pargraf pertama ….

a.  Cara menghasilkan energi panas
c.  Kegunan matahari
b.  Kegunaan matahari
d.  Sumber energi panas


I.        Jawablah pertanyaan di bawah in dengan tepat !
20. Sebutkan hak dan kewajiban sebagai seorang nelayan!
21. Jelaskan perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab!
(Teks  bacaan soal No 23-24)
Perpindahan Panas atau Kalor

Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa  api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak sayuran,  panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.
Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer).  Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke
planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Panas berpindah dari benda yang  bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci  logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di
dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi. 
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
22. Sebutkan hal- hal penting yang terdapat pada paragraph pertama!
23. Buatlah  kesimpulan dari bacaan di atas!
24. Sebutkan dan jelaskan tiga cara perpindahan (Kalor)!

Silahkan Unduh Kisi - kisi dan Soal PTS/UTS Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tapel 2018/2019 , Pada Link Dibawah ini :

Kisi - kisi PTS/UTS Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Kisi PTS/UTS Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 dan 2 ( Unduh Disini )
Kisi PTS/UTS Kelas 5 Tema 6 & 7 Subtema 3 dan 1 ( Unduh Disini )
Kisi PTS/UTS Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 dan 3 ( Unduh Disini )

Soal PTS/UTS Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Soal PTS/UTS Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 dan 2 ( Unduh Disini )
Soal PTS/UTS Kelas 5 Tema 6 & 7 Subtema 3 dan 1 ( Unduh Disini )
Soal PTS/UTS Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 dan 3 ( Unduh Disini )

Demikian Informasi mengenai Soal PTS/UTS Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Tapel 2018/2019 yang dapat Kami bagikan, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.