Seminar Nasional Pendidikan Matematika ( Sendimat ) VII Tahun 2019


Ketika komputer diperkenalkan pada era industri 3.0, pada mulanya hal itu dianggap mengganggu akibat penambahan teknologi yang sama sekali baru. Namun dengan berjalannya waktu, komputerisasi di berbagai lini kehidupan terbukti membuat loncatan kemajuan yang luar biasa. Sekarang, dan ke masa depan ketika industri 4.0 dimulai, komputer terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk akhirnya membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kombinasi dari sistem fisik-siber, Internet of  Things dan Internet of  Systems membuat industri  4.0 menjadi mungkin dan pabrik pintar menjadi kenyataan. Sebagai hasil dari dukungan mesin pintar yang terus menjadi lebih pintar karena memperoleh akses ke lebih banyak data, pabrik-pabrik akan menjadi lebih efisien dan produktif serta tidak boros. Pada akhirnya, jaringan mesin-mesin ini yang terhubung secara digital satu sama lain dan membuat serta berbagi informasi yang menghasilkan kekuatan sebenarnya dari industri 4.0 (Bernard Marr, 2018).
Ada empat prinsip rancangan dalam Industri 4.0. Prinsip-prinsip ini membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengimplementasikan skenario-skenario Industri 4.0, yakni  interoperabilitas, transparansi informasi, bantuan teknis, dan keputusan mandiri.
Dunia saat ini memang tengah dihadapkan pada era revolusi industri 4.0. Berjuta peluang yang bisa dimanfaatkan, tetapi di sisi lain juga terdapat berjuta tantangan yang harus dihadapi. Pendidik dan tenaga kependidikan matematika tentu harus bersiap dan mengantisipasi peluang dan tantangan tersebut.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan unsur yang sangat penting dan memiliki peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tantangan peningkatan kompetensi guru berkembang seiring meningkatnya tuntutan terhadap kualitas pendidikan. Guru dituntut mengembangkan kompetensi secara berkelanjutan sehingga mampu menjalankan tugas profesionalnya.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus berusaha untuk terus-menerus meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan era industri 4.0, sehingga para siswa lulusan mempunyai daya saing dengan keunggulan komparatif dan kompetitif. Harus tercipta kesadaran bersama baik oleh pemerintah, dunia pendidikan maupun masyarakat, bahwa perubahan besar dalam industri 4.0 adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari.
Tujuan
Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) dilaksanakan dengan tujuan:
1.  Mengupayakan terwujudnya budaya ilmiah di lingkungan pendidik (guru, widyaiswara, dosen) dan tenaga kependidikan matematika.
2.  Memberi wadah bertukar informasi, ide dan gagasan di antara pendidik dan tenaga kependidikan matematika, khususnya dalam mengelola pembelajaran menghadapi era revolusi industri 4.0
3.  Mendorong dan memfasilitasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), khususnya bagi guru, pendidik dan tenaga kependidikan pada umumnya.
4.  Memfasilitasi adanya ruang dialog dan peningkatan wawasan bagi sivitas akademika, pendidik, dan tenaga kependidikan matematika dalam berbagi pengalaman penelitian, karya ilmiah, dan karya inovasi untuk peningkatkan kualitas pendidikan matematika.
Tema
“Peluang dan Tantangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”
Pembicara
Keynote Speaker : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Topik : Pengembangan dan peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Invited Speaker :
1.  Sumaryanta, S.Pd., M.Pd. & Joko Purnomo, S.T., M.T. 
(Widyaiswara PPPPTK Matematika)
Topik : Rekonstruksi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0
2.  Romi Satria Wahono, Ph.D.
(Founder dan CEO PT IlmuKomputerCom Braindevs )
Topik : Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi: Peluang dan Tantangannya pada Era Revolusi Industri 4.0
3.  Prof. Dr. Iwan Pranoto
(Dosen Matematika ITB)
Topik : Merumuskan Kecakapan Matematika untuk Dunia yang Semakin Algoritmik tetapi Tak Pasti
Peserta
1.  Guru matematika (guru kelas dan guru mata pelajaran)
2.  Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
3.  Widyaiswara Matematika
4.  Pengembang Teknologi Pembelajaran
5.  Mahasiswa pendidikan matematika/matematika
6.  Peminat dan pemerhati pendidikan matematika/matematika
Fasilitas
§  Seminar kit
§  Sertifikat
§  Makalah yang dipresentasikan diterbitkan dalam prosiding
§  Konsumsi
Ketentuan Makalah
1.  Makalah relevan dengan tema dan belum pernah dipublikasikan;
2.  Mengikuti aturan penulisan karya ilmiah dan sesuai dengan template yang ditentukan;
3.  Template bisa diunduh di Template SeNdiMat VII 2019
4.  Sertifikat pemakalah/pembicara sesi paralel hanya diberikan pada peserta yang mempresentasikan makalahnya.
Pemakalah Yang Dibiayai
PPPPTK Matematika menyediakan biaya bagi 75 pemakalah terpilih, meliputi biaya transportasi dan akomodasi selama di PPPPTK Matematika. Seleksi berdasarkan kualitas makalah lengkap. Pemakalah yang dibiayai adalah dari kalangan Guru SD/MI, Guru Matematika SMP/MTS/SMA/MA/SMK/MAK, Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah.
Pemakalah Mandiri
Selain pemakalah yang dibiayai, PPPPTK Matematika memberikan kesempatan kepada 30 pemakalah mandiri. Pemakalah mandiri disediakan akomodasi selama kegiatan SeNdiMat VII berlangsung.
Tanggal Penting

Tanggal Penting

NoKegiatanTanggal
1Batas akhir penerimaan abstrak16 Agustus 2019
2Pengumuman abstrak yang diterima3 September 2019
3Batas akhir penerimaan full paper27 September 2019
4Pengumuman full paper yang diterima11 Oktober 2019
5Batas akhir registrasi18 Oktober 2019
6Pelaksanaan SeNdiMat VII13 dan 14 November 2019

Pendaftaran

  1. Pendaftaran online dapat diakses di
  2. Pendaftaran peserta non pemakalah mandiri paling lambat tanggal 18 Oktober 2019. Apabila kuota telah memenuhi, maka pendaftaran peserta akan ditutup;
  3. Pengiriman abstrak dan makalah lengkap dapat dikirimkan ke alamat sendimat2019@gmail.com. Adapun aturan penamaan file makalah mengikuti pola: Nama Pengirim-Instansi-Kab/Kota-Jenjang;
Untuk Contoh Naskah Bisa DIunduh pada Link Prosiding Seminar Pendidikan Matematika ( Sendimat ) ke VI Tahun 2018 pada link dibawah ini :

http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/sendimat/category/sendimat-vi/

Contact Persons