Juklak Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) Jenjang SD Tahun 2020

Pendidikan di sekolah dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter anak agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani maupun rohani. Pembinaan karakter anak yang dimaksudkan meliputi nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas, dan penguasaan ilmu pengetahuan. menuju generasi muda yang potensial.


Kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar (FLS2N-SD) bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal. Di sisi lain kegiatan FLS2N-SD diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Melalui kegiatan FLS2N-SD ini pula diharapkan dapat tetap terpeliharanya semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya.

FLS2N-SD  Merupakan salah satu wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal. Kegiatan ini berdampak pada peserta didik dalam menyiapkan diri menghadapi tantangan perkembangan informasi tanpa batas, kemajuan teknologi, dan kepekaan terhadap persoalan sosial, budaya, dan lingkungan. Kegiatan  FLS2N-SD ini diharapkan dapat tetap memelihara semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya. 
elemen visi ekosistem pendidikan :
  1. Sekolah yang kondusif;
  2. Guru sebagai penyemangat;
  3. Orang tua yang terlibat aktif;
  4. Masyarakat yang sangat peduli;
  5. Industri yang berperan penting;
  6. Organisasi profesi yang berkontribusi besar;
  7. Pemerintah yang berperan optimal.


TUJUAN
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD bertujuan:
  1. Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dalam pengembangan diri
  2. Mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa;
  3. Menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya;
  4. Menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
  5. Menumbuhkembangkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

TEMA
Tema Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2020 adalah:
“Seni membentuk kepekaan rasa terhadap lingkungan"

Adapun jenis loba yang diadakan pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD Tahun 2020 adalah
  1. Menyanyi Tunggal
  2. Seni Tari
  3. Pantomim
  4. Gambar Bercerita
  5. kriya anyam

Selengkapnya silahkan Unduh Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) Sekolah Dasar Tahun 2020  Pada link yang sudah kami siapkan dibawah ini :




(Unduh Disini) Juklak Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) Sekolah Dasar Tahun 2020.pdf

(Buka Disini) Juklak Kompetisi Sains Nasional ( KSN) Jenjang SD Tahun 2020.pdf
(Buka Disini) Juklak Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Jenjang SD Tahun 2020.pdf

D
Demikian kami sampaikan Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) Sekolah Dasar Tahun 2020, Semoga bermanfaat.