Cara Cek Validasi PIP SD tahun 2018



Seperti yang kami kutip dari surat edaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang bernomor 272.1/D2/TU/2017 mengenai verifikasi dan validasi data Program Indonesia Pintar atau yang kita kenal dengan PIP tahun 2017 menyatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan sebanyak 10.362.746 siswa penerima PIP yang tersebar di 514 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar memohon kepada seluruh operator Sekolah Dasar untuk memvalidasi kembali siswa PIP 2017 yang telah di SK kan.
Surat edaran tentang Verifikasi dan Validasi Data Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2017

Berkaitan dengan kegiatan validasi data siswa penerima PIP, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyediakan aplikasi yang bisa diakses oleh seluruh Operator Sekolah Dasar sehingga diharapkan operator sekolah dapat segera memvalidasi data siswa yang masih layak atau tidak layak di SK kan ditahun anggaran 2018 ini. Lalu bagaimanakah caranya melihat atau cek Validasi PIP SD tahun 2018 ini? Berikut ini adalah tutorial sederhana buat anda semua.
  • Langkah yang pertama adalah menyiapkan user dapodik. User ini diperlukan sebagai prasyarat untuk login di aplikasi 
  • Langkah yang kedua adalah kunjungi laman http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/Auth sehingga nantinya anda akan melihat tampilan laman seperti gambar berikut ini:


  • Langkah berikutnya adalah silahkan inputkan userid dapodik sekolah anda. Username berupa user dapodik dan password berupa pasword dapodik



  • Langkah berikutnya setelah anda berhasil login adalah silahkan klik menu validasi data, kemudian perhatikan data siswa yang menerima PIP tahun 2017 , Apabila terdapat siswa yang tidak layak untuk mendapat PIP ditahun 2018 harap segera Update menjadi tidak layak agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak meng SK kan kembali siswa tersebut.





  • Langkah terakhir, jika terdapat kesalahan didalam mengubah status siswa yang sebenarnya layak menjadi tidak layak atau sebaliknya, caranya cukup mudah, silahkan klik kembali menu validasi, lalu rubah setatusnya.
Demikianlah cara sederhana untuk mengecek validasi PIP SD tahun 2018. Semoga bermanfaat buat anda semua. (sumber: laman PIP SD, http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/Auth)