Kisi Kisi Pretest PPGJ Tahun 2018 Semua Mata Pelajaran

Kisi Kisi Pretest PPGJ Tahun 2018

Kisi Kisi Pretest PPGJ Tahun 2018 Semua Mata Pelajaran, Kisi-Kisi Soal Pre Test PPGJ 2018 atau Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan untuk terdapat kompetensi pedagogik, profesional capaian pembelajaran dan indikator essensial, Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Kisi Kisi Pretest PPGJ Tahun 2018 merupakan acuan dalam soal-soal pretest PPGJ, Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan dilaksanakan melalui Program PPG yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi.

Kisi-Kisi Soal Pretest PPGJ Tahun 2018

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)
  • Pedagogik
    Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk merencanakan, melaksanakan, menilai dan mengevaluasi pembelajaran
  • Kepribadian
    Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membentuk kepribadian guru yang mencerminkan perilaku ahklak mulia,kearifan, dan kewibawaan sehingga menjadi teladan bagi peserta didik.
  • Sosial
    Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali dan masyarakat sekitar.
  • Profesional
    Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dikuasai, dihayati, dan diaktualisasikan oleh guru.
Kompetensi Profesional
Capaian Pembelajaran, Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran yang diampu secara mendalam;
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika
Mampu mengguna-kan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. Penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari. Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang diampu secara mendalam;
Indikator Essensial
Mengidentifikasi fonem BI, Mengidentifikasi suku kata, Mengidentifikasi morfem bahasa Indonesia, Menganalisis penggunaan imbuhan dan kata dasar, Mengidentifikasi jenis dan bentuk kata , Menganalisis frase, dan kalimat yang efektif , Mengidentifikasi makna kata, Menganalisis penggunaan ejaan dan tanda baca.

Unduh Kisi-Kisi Pretest PPGJ Tahun 2018