Materi Tes lnteligensia Umum (TIU) Sinonim/Persamaan Kata

Tes Sinonim digunakan untuk menguji Anda dalam menentukan persamaan dari suatu kata dengan cara mencari satu kata yang setara/sama/serupa maknanya dengan makna kata tertentu yang diminta di soal. Dengan demikian, Anda harus jeli dalam menentukan persamaan kata tersebut karena terkadang beberapa kata yang disajikan merupakan kata yang tidak umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan penguasaan perbendaharaan kata (kosakata) sebaik mungkin sehingga kemampuan dalam menentukan kata yang mempunyai arti yang paling dekat dengan kata yang diberikan di soal menjadi kuncinya.

TIPS:

  1. Perbanyak membaca
  2. Perkaya kosakata Anda dengan banyak membaca, bisa dari kamus yang tersedia secara offline atau on line, artikel berita di internet atau media cetak.
  3. Perbanyak mendengarkan berita
  4. Biasanya berita yang sedang hangat dibicarakan akan memperkaya kosakata. Selain itu, berdasarkan pengamatan dalam tes sinonim, paling banyak adalah kata serapan dari bahasa asing, bahasa daerah, istilah-istilah pada dunia teknik, kedokteran, sains, pertanian, dan lain-lain sehingga dengan mendengar atau membaca berita, dapat membantu kita menjadi tidak asing dengan kata yang ditanyakan di soal tes sinonim karena istilah-istilah tersebut sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Gunakan kamus
  6. Segera cari tahu arti dari kata yang tidak Anda mengerti dengan cara membuka kamus bahasa, mesin pencari (seperti google, wikipedia), atau Anda bisa mengunjungi juga situs Kam us Besar Bahasa Indonesia (KBBI): http://pusatbahasa. kemdiknas.go.id!kbbi/ 
    Terkadang kamus bahasa lnggris-lndonesia juga diperlukan jika ada kata serapan yang tidak Anda mengerti sehingga Anda bisa mengembalikan kata serapan tersebut ke bahasa aslinya (yaitu bahasa lnggris) dan cari tahu artinya di kamus.

TRIK:

  1. Jangan memilih kata yang mempunyai kata bunyi mirip dengan soal. Sebagian besar jawaban yang demikian tidak tepat meski tidak selalu salah.
  2. Pergunakan kalimat umum 
    Jika Anda tidak mengenal kata yang tersedia di soal atau terdapat lebih dari satu jawaban yang dirasa benar, maka coba gunakan kata tersebut dalam kalimat yang paling umum, kemudian ganti kata tersebut dengan pilihan yang ada pada soal.
  3. Kembalikan ke bahasa aslinya Untuk kata serapan yang tidak Anda mengerti, maka mengembalikan kata serapan tersebut ke bahasa aslinya (yaitu bahasa lnggris) dan cari tahu artinya di kamus.
  4. Gunakan waktu yang tersedia dengan sebaik mungkin, cepat, tepat, dan teliti 
    Hal ini penting karena untuk membiasakan diri Anda bekerja cepat dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika Anda tidak mematuhi batasan waktu yang diberikan, maka Anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Selain itu, hindari menghabiskan waktu untuk menjawab hanya satu soal karena penasaran. Jika ini terjadi, maka ketika Anda mengerjakan soal tes sinonim yang sebenarnya, Anda akan mengalami kesulitan dalam hal pengaturan waktu.

Contoh:

  1. Dispensasi : ...
    1. Pelarangan
    2. Kelonggaran
    3. Perizinan
    4. Pencegahan
    5. Hadiah
Jawaban : B
Pembahasan:
Dengan menggunakan trik pergunakan kalimat umum, kata dispensasi di atas dapat dibuat kalimat umumnya menjadi 
Seorang karyawan wanita diberi dispensasi dari pekerjaan berat karena sedang hamil. 
Sehingga arti kata dispensasi adalah kelonggaran.

  1. Mortalitas : ...
    1. Angka Kematian
    2. Angka Kelahiran
    3. Sebangsa Hewan
    4. Gerak
    5. Pukulan
Jawaban : A 
Pembahasan: 
Kata mortalitas merupakan kata serapan, yaitu kata asing yang diserap ke dalam Bahasa Indonesia. Untuk mencari tahu arti kata ini maka kita gunakan trik kembalikan ke bahasa aslinya, yaitu Bahasa lnggris. 
Bahasa lnggris dari mortalitas adalah mortality, yang artinya angka kematian.
  1. Kampiun : ...
    1. Penggagas
    2. Ahli
    3. Sejarah
    4. Penerima
    5. Juara
Jawaban : E
Pembahasan:
Kampiun adalah pemenang dalam suatu perlombaan atau pertandingan. Dengan demikian, kampiun bersinonim dengan juara.