Materi Tes lnteligensia Umum (TIU) Pemahaman Bacaan


Kemampuan bahasa, daya ingat, kemampuan konsentrasi, ketelitian, dan menyelesaikan masalah mendukung kemampuan pemahaman bacaan. Berikut adalah materi seputar bacaan.


A. Gagasan Utama Bacaan


Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan gagasan atau ide yang menjadi pokok pengembang bacaan. Cara menemukannya adalah sebagai berikut:

  1. membaca secara cermat;
  2. memahami maksud pembicaraan atau hal pokok yang dibicarakan dalam bacaan;
  3. menemukan ide pokok tiap paragraf kemudian digabungkan dan dirangkum sehingga didapatkan kesimpulan hal pokok yang dibicarakan dalam bacaan tersebut.


B. Paragraf


Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berhubungan dan membentuk satu gagasan. Biasanya dalam satu paragraf terdiri dari beberapa kalimat yang padu, dan kalimat pertama dalam suatu paragraf ditulis dengan cara agak menjorok ke dalam. 
Jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama.

  1. Paragraf deduktif 
    Gagasan utama terletak pada awal paragraf.
  2. Paragraf induktif 
    Gagasan utama terletak pada akhir paragraf.
  3. Paragraf campuran 
    Gagasan utama terletak pada awal dan akhir paragraf.


C. Gagasan Utama Paragraf


Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan gagasan atau ide yang menjadi pokok pengembang paragraf sehingga dalam satu paragraf hanya ada satu gagasan utama. 


D. Kalimat Utama


Pada umumnya, kalimat utama terletak di awal atau akhir paragraf. Dalam satu paragraf, terdapat gagasan pokok atau utama yang berada pada kalimat utama. Kalimat utama dikembangkan oleh kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama sering disebut kalimat topik sehingga perlu dijelaskan dengan kalimat-kalimat selanjutnya dalam paragraf tersebut yang disebut sebagai kalimat penjelas. 

Ciri kalimat utama:

  1. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut.
  2. Berupa kalimat lengkap dan dapat berdiri sendiri.
  3. Mempunyai arti yang jelas tan pa dihubungkan dengan kalimat lain.
  4. Pada paragraf induktif, kalimat utama sering kali ditandai dengan kata-kata seperti: "Sebagai kesimpulan .. :: "Yang penting .. :: "Jadi, .. :: "Dengan demikian ... "


E. Kalimat Penjelas


Kalimat penjelas, yaitu kalimat yang isinya memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. 

Ciri-ciri kalimat penjelas:

  1. merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri;
  2. arti kalimatnya akan lebih jelas setelah dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu paragraf;
  3. pembentukannya memerlukan bantuan kata sambung atau frasa penghubung atau kalimat transisi;
  4. berisi rincian, keterangan, contoh dan data yang mendukung kalimat utama.

TIPS:

Berikut adalah tips untuk meningkatkan pemahaman bacaan.
  1. Perbanyak membaca 
    Melatih diri dengan banyak membaca menjadikan Anda gemar membaca sehingga Anda akan terlatih dengan bacaan-bacaan panjang dan tidak cepat lelah saat membaca. 
    Jangan khawatir bagi Anda yang tidak terlalu senang membaca, ada tips untuk Anda, yaitu awali dengan membaca bacaan pendek, misalnya berita di koran, artikel majalah kesayangan Anda, artikel di internet yang menarik minat Anda untuk membaca. 
    Terus lakukan kebiasaan kecil ini dan bertahap Anda coba membaca cerita pendek di koran atau majalah, novel atau buku yang tentunyajuga menarik minat membaca Anda sehingga lambat laun Anda akan terbiasa dengan suatu bacaan, terutama saat tes pemahaman bacaan.
  2. Latihan membaca cepat 
    Waktu yang disediakan dalam tes sangat terbatas sehingga apabila Anda menerapkan kebiasaan cara baca santai seperti saat di rumah tanpa target waktu akan menjadi sangat merugikan saat tes berlangsung. Teknik membaca cepat dapat membantu Anda dalam menjawab soal dengan lebih mudah dan cepat dengan membaca langsung ke inti-intinya karena pada umumnya soal-soal yang ditanyakan dalam tes terdapat di inti bacaan.
  3. Ambil intinya 
    Saat membaca, bagian yang paling penting Anda baca adalah di awal bacaan (paragraf 1) karena di situlah letak gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok bacaan. Lanjutkan dengan membaca awal atau akhir setiap paragraf karena biasanya di situ merupakan letak kalimat utama paragraf. 
    Setelah mendapatkan kalimat utama paragraf, cobalah melanjutkan dengan mengambil inti dari kalimat utama paragraf tersebut karena inti dari kalimat utama merupakan gagasan utama/gagasan pokok/ ide pokok paragraf. Terakhir, bacalah bagian akhir bacaan karena biasanya intisari atau kesimpulan bacaan ada di bagian tersebut.
  4. Cermati fakta dan data dalam bacaan 
    Anda bisa menandaifaktayang terjadi dalam sebuah kejadian atau data yang terdapat di bacaan dengan menandai dengan garis bawah karena bisa jadi fakta dan data ini dapat membantu Anda dalam menjawab soal selanjutnya. Dengan berpedoman fakta dan data dalam bacaan maka Anda dapat terhindar dari opini yang mungkin Anda bentuk selama membaca.

TRIK:

Berikut adalah trik agar mempermudah Anda dalam menyelesaikan soal yang ada kaitannya dengan pemahaman bacaan.
  1. Bacalah dengan cepat 
    Membaca denganteknikcepatdapat membantu Anda dalam memanfaatkan waktu dengan baik, dan menemukan beberapa kata kunci yang diperlukan tanpa harus membaca terlalu detail atau tanpa membaca semua kalimat.
  2. Konsentrasi 
    Membaca dengan konsentrasi dapat membantu Anda dalam hal mengingat kata kunci yang diperlukan, inti bacaan, mengaitkan antarkejadian dan membantu Anda dengan cukup sekali saja membaca bacaan tersebut tanpa harus mengulangnya berkali-kali.
  3. Kali mat utama terletak di awal paragraf atau di akhir paragraf 
    Soal bacaan sering kali menuntut Anda untuk menemukan beberapa hal yang ada kaitannya dengan kalimat utama sehingga menemukan kalimat utama dalam suatu paragraf menjadi sangat penting dalam hal ini.
  4. Pisahkan antara kalimat utama dengan kalimat penjelas 
    Dengan memisahkan kalimat utama dengan kalimat penjelas, maka Anda akan lebih mudah menemukan gagasan utama/gagasan pokok/ ide pokok suatu paragraf.
  5. Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok paragraf melekat pada kalimat utama 
    Seperti halnya kalimat utama, gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok terletak di awal paragraf atau di akhir paragraf.
  6. Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok bacaan terdapat di bagian awal bacaan dan kaitkan dengan ide pokok dari tiap paragraf.
  7. Cari jawabannya di dalam bacaan 
    Semua jawaban dari soal bacaan terdapat di bacaan yang telah disediakan sehingga Anda dapat mencari jawabannya di dalam bacaan sesuai dengan petunjuk soal.
  8. Hindari opini 
    Hindarilah menjawab soal bacaan menurut pendapat Anda/opini/persepsi Anda melainkan jawablah sesuai dengan apa yang sudah tertulis di bacaan sehingga di antara pilihan jawaban yang disediakan maka pilihlah yang paling sesuai dengan fakta atau data yang telah dijelaskan di bacaan. Na mun apabila jawaban yang dimaksud tidak tertulis di bacaan, bisa jadi jawaban yang diinginkan oleh penulis soal merupakan kaitan antarkalimat/kejadian dalam bacaan tersebut (hasil konsekuensi logis).