Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana


Latar Belakang 
Indonesia adalah negara kepulauan yang secara geografis, terletak di rangkaian lempeng tektonik: Australasia, Pasifik, Eurasia dan Filipina yang membuat Indonesia menjadi rentan terhadap perubahan geologis. Ribuan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terletak antara Sabang dan Merauke juga berkontribusi membantu membentuk Indonesia.

Posisi geografis dan lokasi yang berada di salah satu daerah bencana paling aktif di dunia, menyebabkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk kedalam daerah rawan bencana. Setidaknya ada 12 (dua belas) ancaman bencana yang dikelompokkan dalam bencana geologi (gempa bumi, tsunami, gunung api, gerakan tanah/tanah longsor), bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, kekeringan, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim, kebakaran hutan dan lahan), dan bencana antropogenik (epidemi wabah penyakit dan gagal teknologi-kecelakaan industri). Kondisi yang kompleks dan menantang ini diperumit lagi oleh dampak perubahan iklim yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan. Perubahan iklim akan terus memberikan dampak yang cukup besar bagi intervensi program kemanusiaan dan program pengembangan, dan akan terus memberikan tantangan bagi pengembangan dan penyelenggaraan sektor pendidikan.



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mempunyai tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan profesi guru. Didasari dari belum optimalnya upaya mengakomodasi potensi-potensi guru dalam menulis khususnya tentang pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana. Maka, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus melalui Subdirektorat Kesejahteraan, Penghargaan, dan Pelindungan melaksanakan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka dalam rangka menggali gagasan (ide) dan/atau menuangkan hasil praktik baik (best practice) serta meningkatkan kesadaran akan kesiapsiagaan bencana.

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. menggali dan menuliskan artikel/gagasan (idea) tentang kesiapsiagaan bencana;
2. menuangkan hasil praktik baik (best practices) tentang kesiapsiagaan bencana;
3. meningkatkan kesadaran akan kesiapsiagaan bencana di kalangan guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus.
Kegiatan
Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan hal-hal sebagai berikut.
1. Penulis terbaik dari kalangan guru Indonesia.
2. Tulisan terbaik tentang pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana dari para guru.
3. Buku elektronik (e-book) yang akan di-upload di laman www.kesharlindungdikmen.id.

Kriteria Naskah
a. Artikel harus memenuhi kriteria pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru, yaitu Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten (APIK)
b. Artikel asli/orisinal atau bukan plagiat dan tidak melanggar UU Hak Cipta serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain dilampiri Surat pernyataan penulis mengenai keaslian dan belum pernah dipublikasikan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (contoh terlampir)
c. Artikel dapat berisi tentang 1) gagasan, 2) praktik baik
d. Artikel harus mencantumkan identitas penulis, nama, telepon kantor/HP, email, bidang keahlian, alamat kantor dan kota domisili
e. Jumlah kata terdiri dari 3.000 s.d 5.000 kata (tidak termasuk gambar, abstrak, daftar isi, daftar rujukan dan lampiran), menggunakan kertas ukuran A4 dengan marjin kiri dan atas 4 cm; marjin kanan dan bawah 3 cm, huruf Tahoma, ukuran font 11, dengan spasi 1,15 dengan format PDF;

Persyaratan Peserta
Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana adalah sebagai berikut.
a. Guru Jenjang SMA/SMK dan Pendidikan Khusus
b. Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (Screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
c. Karya dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Guru pada Dinas Pendidikan Provinsi/Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi

Jadwal Kegiatan




Muatan Artikel
Muatan materi artikel dapat berisi tentang:
a. Gagasan (idea) adalah artikel yang memuat uraian tentang pikiran, gagasan, ide, konsep terkait pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana.
b. Praktik baik (best practice) adalah artikel guru yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana. Secara teknis, praktik baik merupakan metode, teknik, atau prosedur yang ditetapkan berdasarkan hasil penelitian atau pengalaman yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu untuk mewujudkan hasil yang maksimal dan telah teruji mencapai hasil yang diinginkan dan dijadikan sebagai acuan yang diadopsi atau diadaptasi secara luas.

Untuk Informasi Selengkapnya Silahkan Unduh Pedoman Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana , Yang sudah kami siapkan pada link dibawah ini :

- Pedoman Lomba Menulis Artikel Kesiapsiagaan Bencana ( Unduh Disini )

- Pamflet Lomba Menulis Artikel Kesiapsiagaan Bencana ( Unduh Disini )
- Surat Edaran Lomba Menulis Artikel Kesiapsiagaan Bencana ( Unduh Disini )

Demikian Kami Sampaikan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana , Semoga Bermanfaat .

Sumber : https://kesharlindungdikmen.id/lomba-menulis-artikel-kesiapsiagaan-bencana-2019