Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP 2020

Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020 - Kesenian merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri. Kesenian juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. melalui kesenian, siswa mampu mengasah kepekaan hati nurani dan mengaktualisasikan potensi seninya, yang pada akhirnya memperhalus budi pekerti dan perilakunya. Pendidikan seni dan budaya dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik baik secara organis,neuromuskuler, intelektual, emosional dan sosial, serta meningkatkan daya cipta, rasa dan karya para siswa. Muaranya adalah pada upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang seni, serta Penguatan Pendidikan Karakter.


Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni peserta didik, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
Kegiatan FLS2N tidak hanya berorientasi pada kompetisi peserta didik, namun esensinya terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan FLS2N sebagai pengalaman belajar (learning experience). FLS2N dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa. Selain itu FLS2N diharapkan juga dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi.
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang seni antar siswa SMP atau yang sederajat dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba tertentu. 

Hasil yang diharapkan
  1. Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar provinsi di bidang kesenian;
  2. Mengembangkan penguatan pendidikan karakter di bidang seni budaya melalui kreativitas siswa;
  3. Terwujudnya rasa cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
  4. Terwujudnya sikap toleransi dan cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa; dan
  5. Terwujudnya rasa kebhinekaan yang semakin kuat.
Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta FLS2N adalah siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang
sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2NSMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
  2. Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan; ;
  3. Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
  4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Cabang yang dilombakan
Cabang yang dilombakan pada FLS2N SMP 2020 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni sebagai berikut:
  1. Festival Kreativitas Tari;
  2. Festival Kreativitas Musik Tradisional;
  3. Lomba Gitar Duet
  4. Lomba Menyanyi Solo; dan
  5. Lomba Desain Poster
Untuk peraturan lengkap setiap lomba FLS2N silahkan Unduh Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020, Pada link yang sudah kami siapkan dibawah ini :





(Unduh Disini) Juklak FLS2N SMP 2020.pdf

Baca  Juga :
(Buka Disini) Juklak Kompetisi Sains Nasional SMP 2020.pdf
Demikian kami sampaikan Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020, Semoga bermanfaat.