Petunjuk Pelaksanaan OSN SMA Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan OSN SMA Tahun 2019 - Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/olimpiade baik nasional maupun internasional. Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, Olimpiade ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara konsisten terus mengembangkan program pembinaan olah pikir peserta didik melalui kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Sampai saat ini OSN meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu: bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.


OSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan komptensi sains, teknologi, dan matematika, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cintatanah air. Melalui OSN juga kita peroleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan kita ikutsertakan dalam olimpiade sains
internasional.

Tujuan umum penyelenggaraan OSN antara lain:
1. mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai pionir pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.
2. mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Tujuan Khusus:
1. menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta OSN dimulai dari Tingkat Sekolah, Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Nasional (OSN).
2. menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
3. menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk Olimpiade Tingkat Internasional.


Bidang sains yang dilombakan pada tingkat Kabupaten/Kota,
Provinsi dan Nasional terdiri atas:
1. Matematika
2. Fisika 
3. Kimia
4. Informatika/Komputer
5. Biologi
6. Astronomi
7. Ekonomi
8. Kebumian
9. Geografi

Tahapan pelaksanaan OSN terdiri atas:
1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Olimpiade Sains Sekolah (OSS)
2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK)
3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Olimpiade Sains Provinsi (OSP)
4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Pelaksanaan Olimpiade Sains dilakukan melalui seleksi secara berjenjang dengan urutan sebagai berikut:


Untuk Mengetahui Selengkapnya Ketentuan , Silahkan Unduh PDF Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Tahun 2019, Pada Link dibawah ini :

Unduh Petunjuk Pelaksanaan OSN - SMA Tahun 2019 ( Unduh Disini )


Demikian Kami Sampaikan Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN)  Tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Tahun 2019, Semoga Bermanfaat .