Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP 2020

Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Lahirnya gagasan KSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains.


Melalui sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian. Dengan begitu sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi peserta didik yang kreatif, sistematis, kritis dan penuh inisiatif.
Dunia sains pula akan mendorong anak-anak Indonesia untuk berlomba lomba mengubah dunia menjadi jauh lebih baik, bahkan penguasaan dunia sains akan melahirkan generasi-generasi saintis yang kelak dapat membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kegiatan KSN dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu dan kualitas
pendidikan.
Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang sains bagi siswa SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kab./kota, provinsi, dan nasional.

Tema
“Mengembangkan kemampuan “4K” kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif siswa melalui Sains”

Bidang Lomba
a. Matematika
b. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

c. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Hasil yang Diharapkan
Melalui lomba ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi peserta didik dalam bidang sains, serta teridentifikasinya peserta didik terbaik yang mampu berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.

Sasaran
Sasaran kegiatan KSN adalah peserta didik SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat.

Silabus KSN
Silabus KSN merupakan ruang lingkup materi yang diujikan. Ruang lingkup yang dikembangkan sesuai dengan bidang masing-masing, merujuk pada kurikulum nasional SMP yang berlaku dan silabus lomba internasional yang diikuti Direktorat Pembinaan SMP.

Untuk peraturan lengkap setiap lomba KSN silahkan Unduh Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020, Pada link yang sudah kami siapkan dibawah ini :





(Unduh Disini) Juklak KSN SMP 2020.pdf
(Unduh Disini) SILABUS SMP 2020.pdf

Baca  Juga :
(Buka Disini) Juklak FLS2N SMP 2020.pdf
Demikian kami sampaikan Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020, Semoga bermanfaat.