Panduan Model Penilaian Karakter Pada Pembelajaran Abad 21

Panduan Model Penilaian Karakter - karakter dapat dimaknai sebagai kecenderuangan respon seseorang baik berupa sikap maupun perilaku terhadap suatu kondisi yang dihadapi dan berkaitan dengan kualitas moral seseorang serta dipengaruhi oleh lingkungan. Untuk membangun karakter yang baik diperlukan pembiasaan sejak masa anak-anak hingga dewasa dalam pemikiran, hati, dan perilaku.

Prinsip penilaian karakter sebagai berikut:


  1. Terintegrasi dengan aktivitas belajar peserta didik sehari-hari dalam pembelajaran, baik di kelas maupun di lingkungan sekolah.
  2. Dilakukan untuk keberhasilan proses pembelajaran, penilaian sebagai dan untuk pembelajaran (Assessment as learning and for learning).
  3. Multidata, menggunakan banyak cara untuk mendeskripsikan karakter peserta didik serta berbagai sumber informasi, baik primer maupun sekunder.
  4. Lintas mata pelajaran, memandang karakter peserta didik sebagai satu kesatuan utuh sebagai pengalaman belajar lintas mata pelajaran.
  5. Edukatif, memiliki fungsi mendidik, membina, mengembangkan karakter positif peserta didik, dan tidak bersifat menghukum.
  6. Bersistem, terpadu dengan program sekolah, melibatkan semua unsur satuan pendidikan, yaitu tenaga pendukung (satpam, petugas kebersihan, dll) pendidik, peserta didik, kepala sekolah, dan orang tua.
  7. Berkesinambungan, merupakan hasil belajar yang terus dikembangkan
Komponen Karakter : Aspek/Nilai Utama dan Indikator Perilaku
Untuk dapat melakukan penilaian perlu ditentukan karakter apa yang akan dibangun dan aspek/nilai apa yang sesuai untuk mewakili karakter tersebut . Pada buku ini, lima karakter utama : Religius, Integritas, Mandiri, Nasionalis, dan Gotong Royong, yang akan menjadi acuan untuk pembinaan. Pengertian lima karakter utama tersebut sebagai berikut :


  1. Religius, mencerminkan keberimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Nasionalis, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  3. Mandiri, tidak bergantung kepada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi, dan cita-cita.
  4. Gotong royong, mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama.
  5. Integritas, upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Pusat Penilaian Pendidikan melakukan identifikasi aspek/nilai dari masing-masing karakter, dengan hasil seperti ditampilkan pada Tabel 1.




Oleh karena aspek/nilai dari masing-masing karakter tersebut berupa konsep yang belum operasional untuk penilaian, maka perlu ditentukan indikator perilaku dari aspek/nilai tersebut. Pada Tabel 2 disajikan beberapa contoh perilaku untuk aspek/nilai karakter dan dikelompokkan sesuai dengan jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK. Pengelompokkan berdasarkan jenjang dilakukan dengan pertimbangan perbedaan tahapan perkembangan pada masing-masing jenjang sehingga suatu perilaku atau konteks tertentu mungkin tidak sesuai untuk jenjang tertentu.



Untuk Mengetahui Contoh lengkap tentang Panduan Model Penilaian Karakter Untuk Jenjang SD, SMP dan SMK Silahkan Unduh Panduan Model Penilaian Karakter yang sudah kami siapkan dibawah ini :










(Unduh Disini) Panduan Model Penilaian Karakter.pdf

Baca  Juga :
(Buka Disini) Model Penilaian Formatif.pdf
(Buka Disini) Panduan Penilaian Kinerja.pdf
(Buka Disini) Panduan Penilaian Portofolio.pdf
(Buka Disini) Panduan Penilaian Tes Tertulis.pdf
(Buka Disini) Panduan Penulisan Soal HOTS.pdf
Demikian kami sampaikan Panduan Model Penilaian Karakter, Semoga bermanfaat.

Sumber : https://puspendik.kemdikbud.go.id/publikasi